Wednesday, December 30, 2009

backpacking

PROLOG
Selasa, 29 Desember 2009.

PART 1
Gue bangun pagi karena udah janjian sama ipa2 kumpul di mcstop jam 7 mau backpackingan gitu katanya. Yaudah, gue mandi rapi rapi nyetrika celana kargo pokoknya siap siap. Terus tau tau mili sms katanya ramski bisanya jam 9 kumpulnya jadi di undur. Woooo kesel gue kan udah mau berangkat itu gue akhirnya gue sms mili ngga setuju kalo emang ramski ngga bisa dateng pagi dia nyusul aja nanti.
Akhirnya plan berubah jadinya kumpul paling lambat jam setengah 8 di shelter pasar rebo. Gue sama mili janjian di lampu merah cibubur terus ke shelter pasar rebonya jalan kaki. Itung itung pemanasan gitulah pokoknya. Gue sama mili di sms kiki terus dia udah nyampe di mcstop tapinya sendirian katanya. Akhirnya kita suruh ke shelter aja soalnya zakia udah nyampe disana. Tapinya masih bawel juga dia akhirnya gue sama mili naik angkot pas udah hampir nyampe mayasari bakti situ. Ngueeeeeeeeeng nyampe di shelter ketemu kiki ternyata kaosnya samaan sama gue plekdengdeng. Malah tos tosan gue sama kiki.
Terus nungguin ratna katanya baru di tol, sama utarry yang ngga tau plannya berubah -,- akhirnya berenam kumpul jam 9an kalo ngga salah. Selama pagi itu gue ngeliat banyaaaak banget emba emba kantoran yang pake stocking item. Ngga di depan shelter, yang lagi ngantri di loket, dijalanan menuju tanjung barat. Akhirnya setelah berenam kumpul, merencanakan perjalanan, doa di tengah tengah lampu merah, tos sistemerror sepi kita memutuskan jalan dari pasar rebo ke stasiun tanjung barat 0.o jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh tapi ngga berasa. Si ratna mukanya blushing gitu keringetan, kaosnya kiki yang tadinya warnanya sama kayak gue berubah jadi lebih tua gara gara keringetan, mili juga padahal bajunya udah dobel tapi keringetnya tembus hahaha yang kering gue utarry dan zakia. Sebenernya basah tapi keringet gue ketiup angin kali ya jadi jatohnya malah dingin kulit gue.

PART 2
Kita sampe si stasiun tanjung barat langsung cari kereta tercepat menuju Jakarta kota soalnya kita mau ke jembatan tiga. Dapet kelas ekonomi yang 1500 itu. Nunggu keretanya pas nyampe astaga itu yang namanya gerbong udah kayak pepes manusia. Sebenernya sih gue sama kiki fine fine aja udah mau masuk juga tapinya empat cewek yang lainnya menolak, yaudah akhirnya tiketnya dituker (iya ditanjung barat tiket yang udah dibeli bisa dituker) sama yang kelas ekonomi ac. Gue akhirnya duduk duduk dulu nunggu kereta kan.
Ngobrol ngobrollah biasa abis itu keretanya dateng masuklah kita kedalam. Di dalem udah ngga banyak kursi kosong akhirnya kita berdiri aja. Pas lagi celingukan kok kayaknya gue mengenali wajah tentara di depan gue ini. Astaga gue inget! akhirnya gue ngetik sms gitu di hp terus gue tunjukin ke yang lain.
Eh bapak tentara di depan gue mirip pak junarto ya

Hp gua keliling dah pas nyampe zakia dia langsung ketawa kenceng banget sambil ngeliatin bapak bapaknya. Ehbuset pinter bener dia ya. Parah banget itu gue jadi ngga enak asikkk. Eh pas nyampe stasiun mana gitu dia turun bersama istri dan anaknya terus dia ngasih gue Koran buat duduk katanya dilantai. Astaga gue udah takut aja itu tapinya sempet bilang makasih juga. Nah setelah cukup lama dikereta, sempet foto foto juga akhirnya kita nyampe di Jakarta kota.

PART3
Pas keluar kereta masuk stasiun semua masih dalam lingkup yang gue kenal. Jalan jauh dikit mau keluar stasiun masih aman pikir gue. Pas tiket udah disobek keluar stasiun buset itu yang namanya angkot berderet deret premannya naujubile banget. Gua kan pake topi koboinya mili yang biasa dibawa kemana mana itu kan jadi sepertinya agak menarik perhatian. Sebodo amat tapinya gue. Mana cowok kiki doang. Dia jadi agak panik tapinya lebih bijak juga dia jadinya hari itu. Cie kiki menantunya bu camidah hahaha.
Nanya ke petugas polisi yang ada di depan stasiun terus di tunjukin jalannya abis itu kita nyebrang jalan dan jalan kaki menuju jalan yang tadi di tunjukkan. Maaaaaaaaaaaaaaan maaf maaf aja nih ya bukannya sombong, gua udah berasa bukan orang Indonesia, sumpah. Okay lebay, gini aja, gue berasa bukan orang Jakarta. Seumur umur gua ngga pernah kedaerah itu. Baru sekali dan gue ngerasa asing berasa tinggal di Negara berbeda aja selama ini.

PART4
Nyasar men kita di Jakarta utara. Kita telah menyusuri jembatan lima untuk mencari jembatan tiga. Kita nanya ke enci enci gitu terus dia bilang ikutin rute kopaja 86. Okaydeh kan kita liat kopajanya. Pas nyampe flyover kita dilema. Ini kopajanya lewat atas apa bawah, soalnya pas kita nyampe sana bener bener ngga ada kopaja yang keliatan. Akhirnya instingnya kiki bilang kita lewat flyover aja. Weeeeeeeh ngeri benerdeh itu ngga ada pejalan kaki yang lewat situ sama sekali. Flyovernya panjaaaaaaaaaaaaaaang sekali. Untungnya cuacanya mendukung, mendung terang berangin gitu. Polusinya parah banget. Disana sempet report sok sokan gitu ya nanti di tunggu aja video trip kita kali ini.

Akhirnya flyovernya abis juga, pas nyampe bawah ada pos polisi gitu kan akhirnya kesana dulu Tanya tanya sekalian istirahat sebentar. Polisinya ngga ramah katanya utarry. Sombong. Yaudah akhirnya kita berangkat lagi aja kearah yang ternyata salah ditunjukin sama pak polisi baik hati itu -..- jalan lagi jauh akhirnya nemu kantor polisi lagi dan ternyata sodara sodara kita sudah jalan dari Jakarta kota ke tambora woaaaaaaaaaa jauh banget itu ya. GPSnya mili yang udah tinggal terakhir dipake itu mengatakan kita ada di perbatasan Jakarta barat dan utara. Maaaaaaaaaaaaan jauh bener ternyata kita udah jalan.

Di pos polisi sana ada bapak bapak yang nunjukin kita shortcut buat ke jembatan tiga. Lewat pasar gitu jalan kecil banyak anak main tale. Kan perkampungan itu diluar tembok rel kereta, pas lewat yang lowong gitu astaga di dalem tembok sana ada perkampungan lagi. Itu bener bener ya yang namanya rumah Cuma sepelesetan dari rel. Gua sama kiki mau banget masuk ke dalem situ sebenernya tapi udah dikejar waktu juga kan udah siang kita belum nemu masjid buat zuhur. Skip aja akhirnya kita nyampe di Fantasy Sunripe Marketing Office Jalan Jembatan Tiga 35 G-H.

Itu tempatnya kantor gitu, padahal dibayangan kita candyshop. Tapi disana kita dilayani dengan ramah sama ibu ibunya namanya ibu susi (fyi susi dan desi adalah nama yang entah kenapa ngga gue suka). Tapi setelah ketemu ibu susi sepertinya tinggal desi namanya yang ngga gue suka nantinya hahahaha terus dapet peluang bisnis gitu kata dia kalo sekolah kita mau ngadain acara gitu bisa jadi sponsor woaaaaa. Mili belli beberapa permen kan buat souvenir ulang tahun dia nanti mau dibagi bagi pas masuk sekolah asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik. Terus ternyata baik banget mereka kita di kasih jus sunripe gitu sumpah ya itu enak banjet ngga pake boong. Masing masing satu gratissssssss. Gue dapet rasa nggur enak banget pokoknya itu. Kita berasa dapet suntikan baru semangat dan tenaga asikkk.

PART5
Selesai urusan di jembatan tiga akhirnya kita memutuskan makan di rumah makan padang aja setelah istirahat dan solat di mushola pos polisi al-amin. Di sana kita makan siang terus minta isi air minum sama uda udanya hahaha. Abis itu lanjut jalan lagi kali ini tujuannya Ragusa. Udah abis makan hawa backpack kita rada berkurang, akhirnya kita ngangkot menuju kota. Angkotnya itu ngelewatin jalan yang tadi kita lewatin. Jauh banget loh ternyata.
Nyampe sana kita lewat kota tua menuju shelter busway terdekat. Ih sumpah itu kota tua rame banjet udah males kita lewat aja cepet cepet mau meninggalkan tempat itu. Jalan menuju shelter busway stasiun kota. Dari kota tua gue berasa di ikutin mas mas alay berbaju kemeja hijau kotak kotak topi hitam coret coret merah dan celana superduper ketat sepatu hitam legam. Sama beberapa temennya yang lain. Gue bilang kesemuanya kan kalo berasa di ikutin. Terus kiki bilang, udah jalan aja biasa jalan aja. Yaudah deh jalan aja cepet cepet ke shelter sana.
Dan lo harus tau maaf maaf aja nih ya gue emang norak, gue belom pernah ke shelter stasiun kota. Ini tuh bagus banget. Kita masuk ke pintu kaca gitu terus turun ada lorong lebar abis itu taman air mancur di bawah hoaaaaa aku norak sekali. Sumpah ya tapi itu keren banget. Macem subway tapinya ngga Cuma terowongan doang. Bagus bagetngetnget pokoknya. Jeleknya adalah kotor. Yep sampah dimana mana. Ngga heran sih tapinya kan sayang aja.

PART6
Kita nyampe di shelter djuanda. Dilema nih ceritanya mau keragusa dulu sekalian jalan kaki ke istiqlal apa ke istiqlal dulu baru ke Ragusa. Akhirnya iman dikalahkan dengan nafsu Ragusa dan rujak juhi. Astagfirullah. Nah iya kita makan ice cream di Ragusa. Si utarry beli rujak juhi yang astagadragon banget ya itu mahal dan ngga memuaskan. Enak sih tapi seupil gitu porsinya. Si utarry mencak mencak.
Utarry : dirumah gue rujak juhi 4000 juga gua udah mau mabok makannya!
Disana ada pengamen yang suaranya bagus bangetngetnget. Te o pe be ge te deh itu. Awalnya gue kira dia lipsing soalnya katanya ratna pake kaset hahaha bodoh ya kita tapi ternyata engga loh karena suaranya itu emang bagus banget, kita request lagu terus dibayar 6000 hahaha maaf ya bapaknya duit kami terbatas.

Selesai diragusa kita ke istiqlal buat asyar sekalian nunggu sampe magrib.

PART7
Masuk istiqlal titip alas kaki, wudhu, mili pipis katanya toiletnya nyeremin, abis itu solat dilantai satu aja. Foto foto sama ngehandycam pas mili nembak kita satu satu pake permen hahahaha. Abis itu ke serambi buat nonton video video yang tadi keambil. Ayahku menelepon pas baru nyampes sih sebenernya
Ayah : halo mba
Nisa : halo yah kenapa?
Ayah : lagi dimana kamu?
Nisa : di istiqlal yah
Ayah : hah?
Nisa : di istiqlal
Ayah : apa? Di citos? Astaga mbaaaa
Nisa : lah kok citos? Istiqlal ayaaaaaaaaah
Ayah : oh istiqlal, disana ujan ya?
Nisa : ah engga tuh kering kering aja disini, emang timur ujan?
Ayah : weh disini deres banget udah nanti cepetan pulang
Nisa : iya iya nunggu magrib dulu disini ya
Ayah : iya yaudah
Telepon terputus -,- suka aneh emang ayah gue. Pas mau magrib, gue ratna dan zakia kebelet pipis akhirnya kita turun lagi buat pipis dan wudhu. Hem maaf maaf lagi nih ya istiqlal itu kan katanya masjid terbesar seASEAN, fine gue norak tapi moso tempat kencingnya cewek cowok di campur. Ini pasti kalo ute tau dia seneng banget deh. Gue mau pipis ke toilet cewek mesti ngelewatin lorong yang kanan kirinya tempat pria pria biasa berdiri berbanjar dan mengeluarkan air seni berjamaah. Guakan celingukan ya terus pas nengok ke kiri ada bapak bapak lagi nyeletingin celana -..- baunya ya allah tobat saya tobat, belom lagi lorong toilet cowok.
Parahnya toilet cewek sama cowok itu ngga ada bedanya Cuma plang toilet cewek doang tok sisanya looooooooooooooooonng sampe ujung ngga ada sekat sekat apa gitu engga ada. Dan ukuran toiletnya itu astaga dikira kaki kita pada gigantis apa ya. Udah gitu buru buru aja balik lagi kan. Wudhu terus nungguin azan. Itu setan bener benerdeh ya gue dibikin mules mulu udah mau kentut aja gue. Terus untungnya ketahan eh nular ke zakia dia mau kentut juga hahaha. Akhirnya bedug juga kan ya, itu bedugnya laaaaaaaaaaaamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa beutdahgaboong gue. Mulai dari yang bunyinya dungdungdung terus ganti jadi trektektek ganti lagi jadi drundungdungdung ganti lagi astaga itu kalo puasa lama nungguin bedug doang kayaknya. Magrib deh kita kan itu ada petugas cewek gitu yang ngatur saf solat galak bener deh itu. Tau sih baik maksudnya biar solat kita lebih sempurna tapi ya mbokya lebih ramah gitu kan jadi orang orang pada ngga takut juga.

PART8
Setelah berdebat lumayan pelik gara gara mamanya utarry nelpon dan bilang ada transjakarta yang meledak tadi siang jam 3 di kampong melayu, akhirnya kita setuju buat pulang naik kereta lagi. Selain nyaman kita bisa duduk dan cepet nyampenya. Balik ke tanjung barat. Ratna setelah bertarung dengan ayahnya akhirnya dia menang dan di jemput di depan tanjung mas raya. Gue kiki mili utarry dan zakia naik 19 ke arah pasar rebo.
Nyampe sana gue sama kiki langsung cari angkot 41. Gue nyampe si kiki masih terus turunnya di giant dia. Sms beberapa orang kalo udah nyampe rumah dengan selamat terus langsung tidur setelah cuci muka dan solat isya. Iya gue ngga mandi, bodo deh bau bau dah.

EPILOG
Terima kasih banyak untuk kemarin ya teman teman foto fotonya tunggu utarry nanti kalo udah ada gue upload deh (updated)